Tuesday, October 16, 2018

Jenis-jenis Matriks

  • Berdasarkan ordonya terdapat jenis matriks, sbb :
a. Matriks bujursangkar/persegi yaitu matriks berordo nxn atau banyaknya baris sama dengan banyaknya kolom disebut juga matriks persegi berordo n.Lihat contoh dibawah ini
maka 1 dan 12 dikatakan berada diagonal utama B


b. Matriks baris yaitu matriks berordo 1 x n atau hanya memiliki satu baris. Lihat contoh dibawah ini
c. Matriks kolom yaitu matriks yang hanya memeliki satu kolom. Lihat contoh dibawah ini
d. Matriks tegak yaitu matriks ber ordo mxn dengan m>n. Lihat contoh dibawah ini
A berordo 3x2 sehingga matriks A tampak tegak

e. Matriks datar yaitu matriks berordo m x n dengan m<n. Lihat contoh dibawah ini
F berordo 2x3 sehingga matriks F tampak datar


  • Berdasarkan elemen-elemen penyusunan terdapat jenis matriks, sbb :
a. Matriks nol yaitu matriks yang semua elemen penyusunannya adalah nol dan dinotasikan sebagai O. Lihat contoh dibawah ini
b. Matriks diagonal yaitu matriks persegi yang semua elemen diatas dan dibawah diagonal adalah nol dan dinotasikan sebagai D. Lihat contoh dibawah ini.
c. Matriks skalar yaitu matriks diagonal yang semua elemen pada diagonalnya sama. Lihat contoh dibawah ini.
d. Matriks simetri yaitu matriks persegi, yang setiap elemennya, selain elemen diagonal, adalah simetri terhadap diagonal utama. Lihat contoh dibawah ini.
e. Matriks simetri miring yaitu matriks simetri yang elemen-elemenya, selain elemen diagonal, saling berlawanan. Lihat contoh dibawah ini.
f. Matriks Identitas/satuan yaitu matriks diagonal yang semua elemen pada diagonal utamanya adalah 1 dan dinotasikan sebagai I. Lihat contoh dibawah ini.
g. Matris segitiga atas yaitu matriks persegi yang elemen-elemen dibawah diagonal utamanya adalah nol. Lihat contoh sebagai berikut.
h. Matriks segitiga bawah yaitu matrik persegi yang elemen-elemen di atas diagonal utamanya adlah nol. Lihat contoh dibawah ini.
i. Matriks transpose yaitu matriks yang diperoleh dari memindahkan elemen-elemen baris menjadi leemen pada kolom atau sebaliknya Transpose matriks A dilambangkan dengan AT
perhatikan bahwa ordo dari Aadalah 2x3.
Share:

0 comments:

Post a Comment